Jam Buka Puskesmas Jetis



Bagi mereka yang ingin tahu jam buka Puskesmas Jetis, Kota Yogyakarta itu jam berapa semoga dengan tulisan ini terbantu. Jam buka atau jam pelayanan di Puskesmas Jetis dimulai pukul 8.00 pagi. Namun Puskesmas Jetis sesungguhnya sudah buka setengah jam sebelumnya yaitu pukul 7.30 pagi yang menjadi jam kerjanya. 


Jam pelayanan maksudnya adalah waktu saat kita mendapat pelayanan yang berkaitan dengan kesehatan di Puskesmas Jetis. Mulai dari mengambil nomor antrean untuk mendaftar sampai mendapat tindakan medis dari dokter atau tenaga kesehatan yang ada.

Kalau ingin mengetahui profil Puskesmas Jetis kota Yogyakarta bisa klik di sini.

 

Jam Buka Pendaftaran Puskesmas Jetis


Secara detil, jam buka Puskesmas Jetis atau jam pendaftaran dibuka pukul 8.00 pagi untuk hari Senin sampai Sabtu, ditutup pukul 11.00 kecuali hari Jumat dan Sabtu, tutup sediki lebih awal. Sore hari dibuka lagi mulai pukul 14.00 hingga 17.00, kecuali hari Jumat dan Sabtu yang tutup lebih awal.  

Jadwal Pelayanan Puskesmas Jetis
Hari minggu Puskesmas Jetis tetap buka. Hanya saja menurut petugas di loket pendaftaran cuma melayani mulai jam 8.00 hingga 9.00, itupun untuk situasi darurat. Untuk pelayanan reguler, seperti meminta surat rujukan tidak dilayani, atau dilayani pada hari dan jam kerja.   


Mereka yang ingin mendapatkan pelayanan yang harus dilakukan adalah mendaftar dengan cara mengambil nomor antrean di mesin cetak nomor antrean yang disediakan. Nomor itu beserta kartu identitas, misalnya KTP, lalu disatukan menggunakan klip yang disediakan. Selanjutnya kartu identitas beserta nomor antrean dimasukkan ke dalam wadah yang terletak di meja pelayanan. Berikutnya tunggu panggilan di ruang yang disediakan. 


Setelah dipanggil petugas biasanya akan menanyakan keperluannya apa, misalnya periksa, minta surat rujukan, atau surat keterangan sakit atau sehat. Apakah sudah pernah periksa di Puskesmas Jetis sebelumnya, periksa dengan jaminan kesehatan misalnya BPJS, atau biaya sendiri. Berikutnya petugas akan mengarahkan untuk menunggu periksa atau tindakan lain sesuai keperluan. Pasien tinggal menunggu untuk dipanggil kembali.



Penjual makanan di Puskesmas Jetis
Jika dipanggil tidak mendengar, atau karena keperluan lain harus meninggalkan Puskesmas, maka kita akan dipanggil lagi setelah melewati 10 nomor antrean.

Agar sedikit terhindar dari antrean yang panjang, pasien bisa datang lebih awal untuk mencetak nomor antrean. Biasanya sudah ada beberapa pasien yang melakukan hal serupa dan menunggu sebelum jam pelayanan dibuka. Waktu yang dibutuhkan mulai dari mencetak nomor antrean hingga selesai pemeriksaan sekitar satu jam di waktu normal. Saat ramai bisa 1,5 hingga 2 jam.

Kalau bosan menunggu ada surat kabar untuk dibaca di ruang tunggu, atau jika perut keroncongan ada penjual makanan ringan di dekat tempat parkir, seperti bakpao. Beberapa pedagang makanan dan minuman juga masuk ke ruang tunggu. Mereka ada yang menjajakan minuman segar sari buah atau jus, roti, dan penganan tradisional yang dibawa memakai tenong.***

No comments:

Post a Comment